Minggu, 22 Juni 2014

Sawang Sinawang yang Positif

"Urip iki sawang sinawang"
Pepatah Jawa diatas seringkali kita dengar, utamanya dari orang tua kita. Jika diterjemahkan secara bebas, artinya mungkin adalah "hidup ini saling melihat, saling membandingkan". Tapi secara makna bisa berarti bahwa di dalam kehidupan kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain dan merasa orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik dari kita.
Pepatah tersebut agak mirip dengan peribahasa "Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri"
Kita selalu menganggap orang lain lebih baik, lebih beruntung, lebih enak, lebih nyaman dan lebih - lebih yang lainnya. Dan uniknya, bisa jadi orang yang kita anggap lebih itu juga menganggap kita lebih daripada mereka. Lalu siapakah yang benar benar lebih? Tidak ada jawabannya karena itu adalah persepsi.
Jika anggapan kita tersebut membuat kita melakukan hal yang negatif, maka bisa masuk ke dalam kategori iri bahkan dengki.
Namun sebaliknya, sawang sinawang ini juga bisa berdampak positif. Bagaimana maksudnya?
Dasarnya adalah bahwa manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Tidak bisa kita samakan antara manusia satu dengan yang lain. Nah disinilah sisi positif muncul. Dengan melihat kelebihan orang lain, kita semakin terpicu untuk lebih baik. Bisa menyamainya. Atau bahkan melebihinya dengan jalan kita sendiri tentunya..
Dan untuk kekurangan orang lain, dapat membuat kita merasa semakin bersyukur bahwa kita diberikan kelebihan dibanding mereka..
sebenarnya, istilah di atas sudah umum. Namun sepertinya sangat sulit dipraktekkan di kehidupan nyata. Realitanya adalah kita merasa sombong dengan kelebihan kita, mencibir kekurangan orang lain dan merasa iri dengan kelebihan mereka.
Semua itu bergantung pada hati masing masing. Kejernihan pikiran dan kesucian hati yang paling menentukan.
Akhirnya, sawang sinawang itu wajar dan manusiawi..Tapi bagaimana kita bisa membuat itu untuk diri kita yang lebih baik.
Ingat pula,
Lihatlah ke atas dalam prestasi..
Dan tengoklah ke bawah dalam materi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar