Sabtu, 18 April 2015

Permen Karet, Bukan Sekedar Permen

Jika selama ini saya menulis di blog ini tentang cerita atau opini yang bersifat umum, kali ini entah dapat wangsit dari mana, saya ingin membuat tulisan yang bersifat berbagi tips atau manfaat. Mungkin ke depannya saya akan sering memposting tentang tips atau berbagi hal yang saya sendiri merasakan manfaatnya. Untuk pertama kalinya saya ingin membahas tentang permen karet.

 



Permen karet sudah lama dikenal dan dinikmati banyak orang. Permen yang tidak bisa ditelan ini selama ini kita kenal bisa kita mainkan dan membuat balon. Ternyata banyak kegunaan dari permen karet. Kegunaan yang saya tuliskan disini adalah hasil pengamatan, bacaan serta opini saya, tanpa saya cantumkan sumber karena memang saya tidak copy paste. Tapi bila ada kesamaan maka bisa jadi sumber bacaan saya sebelum-sebelumnya sama. Mohon dimaklumi. Berikut manfaat permen karet.

1. Membantu membersihkan gigi.
Manfaat ini mungkin sudah umum diketahui. Dan saya merasakan benar manfaat ini. Sejak kecil saya adalah anak yang sangat hobi untuk sakit gigi. Karena saya sangat malas gosok gigi. Itu berlangsung sampai usia SD. Sejak SMP, saya mulai tahu pentingnya menggosok gigi. Tapi ada sebuah kebiasaan yang bertentangan dengan kebiasaan menggosok gigi. Waktu yang tepat untuk gosok gigi adalah sehabis makan dan sebelum tidur. Nah, sebaliknya saat pagi hari saya mandi dulu plus gosok gigi baru kemudian makan. Tidak enak jika harus gosok gigi lagi. Akhirnya saya selalu berangkat sekolah dengan adanya sisa makanan di mulut. Hingga di televisi muncul iklan permen karet Happydent (sengaja tidak disamarkan karena blog ini tidak terkenal, jadi tidak ada unsur komersialisasi) yang bisa membersihkan mulut dan gigi. Saya pun tertarik dan setiap hari saat berangkat sekolah saya selalu membelinya di warung dekat sekolah. Dan memang banyak perubahan dan terasa sekali manfaatnya.

2. Menyegarkan Nafas.
Manfaat kedua ini masih ada hubungannya dengan yang pertama, yaitu berhubungan dengan mulut dan gigi. Apabila mulut dan gigi bersih maka kuman di dalam mulut akan hilang. Penyebab bau mulut adalah kuman itu. Apalagi permen karet itu adalah permen karet yang beraroma mint.

3. Menghilangkan Rasa Kantuk.
Manfaat satu ini adalah salah satu manfaat terbesar yang saya rasakan. Saya adalah seorang yang hobi tidur dan suka mengantuk di jalan. Padahal setiap hari saya harus menempuh perjalanan lumayan panjang di jalur pantura yang sangat padat dan mematikan. Pasti sangat berbahaya jika mengantuk saat mengendarai. Berkali-kali saya mengantuk saat di jalan, bahkan pernah sampai hampir tertidur Padahal saat itu kecepatan tinggi. Saya juga sering sekali bolak-balik Rembang-Semarang dengan motor. Perjalanannya kurang lebih 3 jam. Pasti akan membuat saya mengantuk. Ide permen karet sebenarnya terjadi tidak sengaja. Saat saya berada di Indomaret, si kasir menawarkan promo permen karet yang murah dan saya pun terhipnotis membelinya. Daripada mubadzir, permen karet itu saya kunyah saat akan berangkat bekerja dan mengendarai motor ke desa. Ternyata ajaib, saya menjadi tidak mengantuk sama sekali. Beberapa hari kemudian saya ke Semarang karena ada Kelas Inspirasi dan berangkat pukul 3 pagi. Tentu saya sangat mengantuk. Tapi berkat permen karet sebanyak 2 buah, perjalanan saya menjadi lancar. Dari situ saya selalu memiliki stok permen karet di tas saya. Untuk teman perjalanan yang sangat bermanfaat bagi saya.

4. Membantu Diet
Permen karet membantu diet? Ya. Caranya adalah dengan meninggalkan camilan atau makanan ringan yang biasa dimakan dengan permen karet. Orang kadang memakan camilan bukan karena lapar, tapi karena mulutnya tidak bisa berhenti mengunyah. Tapi efeknya camilan itu masuk ke perut dan membuat tubuh semakin gemuk. Dengan mengunyah permen karet, maka mulut akan terus mengunyah tanpa ada zat yang masuk ke perut. Dan diet anda pun berhasil. Saya sendiri pernah mengaplikasikannya tapi sekarang berhenti. Yah, bisa dibilang manfaat yang satu ini sedikit berbau teori.

5. Membantu Perokok Berhenti Merokok
Menghentikan orang yang merokok memang sulit jika tidak ada kemauan kuat dari pelakunya. Tapi kadang seseorang yang sudah berniat kuat berhenti merokok masih kesulitas meninggalkan kebiasaannya. Keluhannya adalah bibirnya terasa asam atau ada yang beda. Permen karet bisa mengatasinya. Jika ada keinginan untuk merokok, maka gantikan dengan permen karet. Memang efeknya tidak langsung, butuh waktu. Tapi jika konsisten, lama kelamaan rokok akan digantikan oleh permen karet.

6. Mengurangi Stres.
Pernah melihat seorang kiper mengunyah permen karet saat bermain? Atau pelatih yang terkenal dengan permen karetnya, Mantan Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson? Untuk apa mereka mengunyah permen karet? Tidak lain adalah untuk mengurangi stres yang dirasakan dan menjadi lebih rileks.Entah dari segi kedokteran bagaimana, tapi menurut saya memang cukup efektif. Mungkin karena otak kita terangsang dengan gerakan mengunyah yang dilakukan terus menerus. Atau mungkin karena pikiran sumber stres tersebut teralihkan karena fokus untuk mengunyah? Entahlah. Yang jelas manfaat ini bisa anda coba jika sedang mengalami stress.

Itu sedikit manfaat yang saya amati dan saya rasakan dari permen karet. Meski banyak manfaat, tentu kita harus bijak memakan permen karet karena tentunya permen karet beragam jenisnya dan beraga pula kandungannya. Gula yang tinggi juga menjadi momok dari permen karet. Oleh karena itu, agar bisa merasakan manfaat seperti yang saya sampaikan, kita harus memilih permen karetnya dan kapan kita memakannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar